tentang ubuntu

Informasi Umum

Edit

1. Ini adalah Panduan Tidak Resmi Bagi Pemula Ubuntu 6.10 (Edgy Eft). Proyek panduan ini tidak mempunyai hubungan dengan Ubuntu dan Canonical Ltd.
2.

Sebelum menggunakan panduan ini mungkin Anda dapat terlebih dulu melihat dokumentasi resmi Ubuntu yang ada di dalam sistem Anda (System -> Help -> System Documentation). Atau Anda dapat juga membaca berbagai dokumentasi Ubuntu yang terdapat di situs resmi dokumentasi Ubuntu.
3.

Panduan ini dapat didiskusikan pada Forum Resmi UbuntuGuide.org yang ada di ubuntuforums.org. Silakan mampir dan bergabung untuk ikut berdiskusi.
4.

Jika Anda melihat kotak berwarna "Beige", artinya Anda harus menjalankan perintah di dalam mode CLI / Terminal (Applications -> System Tools -> Terminal) atau menggunakan isi yang ada di dalam kotak itu seperti yang dimaksud sesuai dengan instruksi.

perintah yang harus dijalankan

5.

Untuk mengurangi kesalahan pada ketikan, cukup copy dan paste perintah yang ada ke dalam Terminal (klik kanan mouse lalu pilih "Copy" atau "Paste". Anda juga dapat mengunakan shortcut Ctrl+C untuk menyalin dan Shift+Insert untuk mem-paste perintah).
6.

sudo atau gksudo artinya superuser do. Ketika menggunakan sudo Anda akan ditanyakan "Password:". Silakan masukkan kata sandi pengguna Anda.
7.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai suatu perintah, silakan lihat pada halaman manual perintah tersebut dengan menggunakan perintah man. Sebagai contoh, man sudo akan menayangkan halaman manual untuk perintah sudo.
8.

Jika Anda lelah bila harus mengetik "apt-get" setiap saat, Baca Bagaimana untuk apt-get dengan cara mudah (Synaptic)
9.

apt-get dan wget membutuhkan koneksi ke Internet untuk menginstal/meng-update/men-download program.
10.

Untuk men-download berkas, klik kanan di link -> Pilih "Save Link As..." -> Pastikan nama dan ektensi berkas yang Anda download sudah benar.
11.

Jika Anda ingin membantu menterjemahkan Ubuntu ke bahasa lokal Anda atau memberikan bantuan lain pada Ubuntu silakan untuk mengunjungi https://launchpad.net/
12.

Semoga semangat "perikemanusian antar sesama manusia" selalu menyertai Anda semua...

Jika Anda menggunakan Kubuntu, Anda tidak perlu menginstal aplikasi Gedit lagi, karena sudah tersedia symbolic link dari "gedit" ke "kate", jadi Anda dapat menggunakan seluruh peritah di bawah tanpa ada masalah. Dan apabila Anda ingin menggunakan gedit sebagai editor, silakan lakukan perintah ini:

sudo apt-get install gedit

Jika perintah "gedit" (symbolic link) tidak berkerja, Anda dapat juga membuatnya sendiri:

sudo ln -s /usr/bin/kate /usr/bin/gedit

Jika Anda menggunakan Ubuntu versi 64-bita cukup ganti setiap kata "i386" dengan "amd64"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar